CURUG SIDOHARJO, KULON PROGO

Air terjun yang memilikki ketinggian 75m ini barada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Obyek wisata ini masih alami dan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan-wisatawan karena kebanyakan masih pada belum tahu kalau di Kulon Progo terdapat wisata air terjun ini. Pemerintah pun belum memperhatikan obyek wisata ini jadi jika kita kesana tidak akan ditarik dana kontribusi alias gratis.

Warga menyebut air terjun ini dengan sebutan CURUG SIDOHARJO jadi jika kita mau tanya arah jalan pakailah nama tersebut. Sedangkan untuk akses menuju air terjun tersebut cukup mudah. Dari arah Kota Jogja kita lewat Jalan Godean (Tugu Jogja ke barat) sampai melewati jembatan Sungai Progo, lalu ada perempatan pertama kita belok kanan lewat jalan berkelok-kelok sampai di perempatan Dekso. Dari perempatan Dekso kita belok kanan samapai ada plang Mts Sidoharjo kita ikuti arah plang tersebut sampai di Mts Sidoharjo. Setalah sampai di Mts Sidoharjo kita belok kiri jalan menanjak. Jka kesana disarankan tanya penduduk setempat aja biar lebih jelasnya. Di sana tidak ada tempat parkir seperti yang ada di obyek-obyek wisata yang sudah terkenal. Kita di sana harus menitipkan kendaraan kita di rumah Bapak Dukuh. Setelah menitipkan kendaraan kita tidak bisa langsung menikmati air terjun tersebut karena kita masih harus berjalan kaki melewati jalan setapak di pinggir sawah dan hutan.Setelah berjalan sekitar 5 menit kita akan di suguhi pemandangan air terjun yang sangat luar biasa, eksotis dan masih alami. Dan menurut info jika beruntung kita juga akan melihat kera ekor panjang yang masih liar bergelantungan di pohon-pohon di sekitar tebing.

Untuk lebih menikmati keindahan air terjun tersebut silahkan kunjungi sendiri saja. Bisa ajak teman, keluarga, maupun pacar anda.

Catatan:
Saat mengambil kendaraan di rumah Bapak Dukuh alangkah baiknya kita membayar sebagai ganti jasa penitpan kendaraan kita.

Sumber:

0 comments to "CURUG SIDOHARJO, KULON PROGO"